Tuesday, April 15, 2014

Tragedi MH370, Misi Pencarian MH370 Menyusuri Dunia Air yang Gelap dan Sunyi

Tragedi MH370, Misi Pencarian MH370 Menyusuri Dunia Air yang Gelap dan Sunyi
detikislam.blogspot.com

Bayangkan Anda sedang berdiri di puncak gunung pada malam hari, lalu diminta mencari sebuah kotak yang ada di bagian paling dasar lembah. Itulah gambaran paling jelas tentang upaya pencarian kotak hitam dan serpihan Malaysia Airlines MH370 saat ini: gelap dan sangat jauh.

Tidak ditemukannya sinyal lanjutan setelah pencarian enam hari terakhir, membuat otoritas Australia mengeluarkan keputusan untuk menyusuri kotak hitam secara manual lewat operasi penyelaman. Kapal selam mini Bluefin 21 siap diterjunkan ke dalamnya lautan di Samudera Hindia tersebut.

Mungkinkah misi penyelaman ini berhasil? Bisa saja. Namun tantangan yang dihadapi tim pencari sangat berat. Seperti ilustrasi di atas, kedalaman laut Samudera Hindia melebihi tinggi gunung rata-rata di dunia, yakni sekitar 3.600-4.500 meter. Artinya, alat penyelam bakal menyusuri sebuah area yang sangat sunyi dan gelap.

Area pencarian kini sudah dipersempit menjadi 58 ribu kilometer persegi di kawasan timur laut Perth. Sebelumnya kawasan yang disisir berkali-kali lebih luas dari itu. Namun jangan dikira angka 58 ribu km persegi itu kecil, luasnya hampir 45 kali dari area Los Angeles.

Sinyal 'ping' yang diduga berasal dari black box MH370 yang sebelumnya terlacak berasal dari titik 4.500 meter di bawah permukaan laut. Total ada empat sinyal yang tercatat dari kotak hitam pesawat berisi 239 orang tersebut. 

Menurut CNN, kedalaman 4.500 meter itu tak sebanding dengan panjang pesawat yang hanya 63 meter. Bahkan bila dikomparasi dengan patung Liberty, menara Eiffel dan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, pun tak setara. Lima gedung Burj Khalifa disambungkan pun hanya masih sepanjang 14 ribu kaki, belum bisa mencapai jangkauan ping tersebut.

"Semakin dalam menyelam, maka yang kita lihat semakin berkurang," kata pakar biologi kelautan Paula Carlson.

"Mereka yang menyelam harus siap dengan dingin dan pandangan terbatas. Tidak ada cahaya di bawah sana," tambahnya.
Untuk informasi Tragedi Malaysia Airlines lainnya Klik Ini

Sumber berita DetkNews

0 komentar:

Post a Comment