Thursday, April 17, 2014

Jamaah Umroh Diminta Waspada Penyakit MERS CoV

Jamaah Umroh Diminta Waspada Penyakit MERS CoV
okezone.com

Jamaah umroh diminta waspada akan penyakit MERS CoV yang menyerang pernafasan. Kemenkes meminta agar jamaah yang merasa ada keluhan demam dan gangguan pernafasan segera berobat.

"Baik ketika masih di Saudi Arabia maupun dalam kurun waktu 2 minggu sesudah kembali ke tanah air," terang DirJen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Jumat (18/4/2014).

Tjandra juga menyampaikan, pihaknya mengeluarkan edaran kewaspadaan ke seluruh kantor kesehatan di pelabuhan dan bandara di seluruh Indonesia. Surat edaran kewaspadaan ini ditujukan kepada Kadinkes Provinsi, RS rujukan, dan pengurus asosiasi perjalanan umroh.

"Juga berkoordinasi dengan pihak Dirjen Haji dan Umroh Kementerian Agama. Dan terus berkoordinasi dengan WHO untuk mengetahui perkembangan situasi epidemiologis dari hari ke hari," tutup Yoga.

Baru-baru ini seorang warga Malaysia DM (54) meninggal dunia karena MERS CoV. Yang bersangkutan meninggal setelah berada di Saudi selama kurang lebih dua minggu. Selama di Saudi almarhum disebut Tjandra melakukan kontak langsung dengan onta dan meminum susu onta. Namun hingga kini belum diketahui persis dari mana sumber penyakit ini.

detik.com

0 komentar:

Post a Comment