Thursday, April 24, 2014

Menghilangkan Lemak Bandel di Perut

Menghilangkan Lemak Bandel di Perut
dvdsenam.com
Berencana menghilangkan lemak membandel pada perut dengan memfokuskan olahraga pada area tersebut? Tunggu dulu, Anda sebaiknya tak serta merta yakin hal itu dapat bekerja. Sebab mengenyahkan lemak hanya pada bagian tertentu bukan hal yang mungkin untuk dilakukan.

"Memerintahkan tubuh untuk menghilangkan lemak di suatu area sama seperti mencoba mengenyahkan secangkir air dari sudut bak air yang terisi penuh. Jumlah air secara keseluruhan akan berkurang, tetapi tidak akan ada cekungan di sudut bak," tutur Lecia Whitlock, pelatih pribadi dan instruktur di The National Personal Training Institute.

Pernyataan Whitlock didukung oleh sebuah studi pada tahun 2013 mengenai efek olahraga terhadap massa lemak di area tubuh yang ditargetkan. Para partisipan melakukan olahraga yang berfokus pada bagain tubuh tertentu, yakni kaki nondominan selama 12 minggu. Ternyata, meskipun telah melakukan repetisi gerakan sebanyak 960 hingga 1.200 kali dengan intensitas tiga kali per minggu, tidak terlihat adanya perubahan signifikan pada kaki yang digunakan. Penurunan massa lemak yang kentara justru pada bagian atas tubuh, bukan pada kaki yang aktif berolahraga.

Lantas bagaimana caranya agar perut tampak lebih ramping? Nah, jika serius berolahraga dan melakoni program diet, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi perut yang tampak menggelembung. Salah satunya adalah dengan melatih otot bagian atas tubuh.

"Dengan melakukan latihan kekuatan pada otot bagian atas tubuh, terutama bahu dan leher. Cara itu akan memperbaiki postur dan mengubah proporsi tubuh sehingga lingkar pinggang akan tampak lebih ramping," terang Whitlock, seperti dilansir CNN dan ditulis pada Kamis (24/4/2014).

Postur tubuh yang lebih baik membuat tubuh terlihat lebih jenjang dan ramping. Tak hanya itu, tambahan otot yang terbentuk juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori sehingga perlahan lemak tubuh akan terkikis.

Kunci lain untuk merampingkan perut, ujar Whitlock, adalah dengan melakukan banyak sit up dan makan dengan benar. Pasalnya, sit up bekerja pada lemak di seluruh tubuh. Lingkar pinggang memang tidak akan berkurang drastis dalam waktu cepat, tetapi bentuk tubuh idaman akan tercapai dan tubuh akan terasa lebih nyaman.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment