Sunday, March 30, 2014

Liverpool 4-0 Tottenham Hotspur, Liga Inggris 2014

Liverpool 4-0 Tottenham Hotspur, Liga Inggris 2014
eplindex.com

Liverpool menegaskan diri sebagai calon kuat juara Liga Primer Inggris setelah sukses meluluhlantakkan Tottenham Hotspur dengan skor telak 4-0 di Anfield, Minggu (30/3) malam WIB. Dengan demikian, Anak asuh Brendan Rodgers kini berada di urutan teratas klasemen EPL dengan raihan 71 poin, unggul dua poin dari peringkat kedua Chelsea, dan empat poin dari Manchester City yang masih menabung dua laga.
Kedua rival Liverpool itu gagal meraih tiga angka di pekan ini. Chelsea takluk dari Crystal Palace, sementara City bermain imbang dengan Arsenal sehari sebelumnya. Dengan musim menyisakan enam partai, kini Liverpool boleh mengalihkan target zona Liga Champions ke ke trofi EPL.  Sementara bagi pasukan Tim Sherwood, kekalahan tersebut membuat mereka harus bergeming untuk menembus empat besar dan masih tertahan di posisi enam.

Babak Pertama
Mengetahui hanya kemenangan yang bakal bisa membuat mereka ke puncak pada pekan ini, Liverpool mengawali laga dengan sempurna. Laga baru berjalan dua menit, Glen Johnson mengirimkan crossing ke kotak penalti setelah melewati Christian Eriksen. Umpan silang berbahaya itu lalu gagal dihalau Jan Vertonghen dan malah mengenai tumit Younes Kaboul sehingga bola masuk ke gawangnya sendiri! Tuan rumah memimpin cepat.
Tottenham lalu mencoba bangkit lewat penguasaan bola, namun justru Liverpool yang kembali memperbesar keunggulan di menit 25. Michael Dawson, yang menggantikan Vertonghen karena cedera, bersama Kaboul membuat lubang di pertahanan Spurs. Umpan panjang Daniel Agger gagal mereka atasi sehingga memudahkan Luis Suarez untuk menerima bola, menggiring ke kotak penalti, dan menceploskannya ke gawang Hugo Lloris.
Tim tamu yang tertinggal 2-0 langsung bangkit beberapa saat setelah gol Suarez itu, namun tendangan Eriksen berhasil diblok dengan sangat baik oleh Skrtel. Setelahnya, Spurs terus menyerang dan hampir mencapai hasilnya di menit 40 ketika crossing Rose menemui kaki Roberto Soldado, sayangnya tendangan striker Spanyol itu masih bisa ditahan Simon Mignolet.
Hanya beberapa menit setelah peluang tersebut, Liverpool berbalik mengancam dan seharusnya bisa memperbesar skor. Berawal dari Raheem Sterling yang sukses mencuri bola dari Kaboul, sang winger lalu melepaskan umpan silang yang berhasil ditanduk Suarez. Namun secara luar biasa, Lloris mampu menyelamatkan gawangnya. Hingga babak pertama berakhir skor 2-0 tidak berubah.
Gol bunuh diri Younes Kaboul di menit kedua, mengawali pesta gol Liverpool ke gawang Tottenham.

Babak Kedua
Permainan apik Liverpool di babak pertama terus berlanjut di paruh kedua. Tuan rumah seharusnya bisa mencetak gol ketiga di menit 54. Berawal dari pergerakan Sterling yang dibantu Sturridge, sayap muda Liverpool ini lalu memberikan umpan kepada Jordan Henderson yang berdiri bebas di depan gawang, namun sang gelandang gagal mengarahkan bola tepat sasaran dan bola malah melambung tinggi di atas gawang Lloris.
Semenit kemudian, Liverpool kembali mendapat peluang dan kali ini tidak mereka sia-siakan. Lewat serangan balik, Jon Flanagan dari sisi kiri memberikan umpan kepada Philippe Coutinho yang berlanjut dengan menggiring bola dari tengah hingga depan kotak penalti. Dari luar kotak penalti, gelandang asal Brasil ini lalu melepaskan tendangan keras ke pojok kanan gawang yang tak bisa digapai Lloris.
Keunggulan 3-0 bukannya membuat Liverpool mengendurkan serangan, mereka terus mengincar gol keempat. Di menit 68 misalnya, kesalahan dari Danny Rose membuat Sturridge terbebas di dalam kotak penalti. Penyerang Inggris ini pun mengarahkan bola ke gawang dengan menggunakan tumitnya, namun Lloris sanggup menepisnya dengan baik. Spurs selamat, namun hanya sementara.
15 menit menjelang laga berakhir, tuan rumah mendapat tendangan bebas. Henderson, sang eksekutor, secara cerdik mengarahkan bola dengan kencang dari sisi kiri lapangan. Bola sepertinya akan dibelokkan Suarez di kotak penalti, namun tidak kena, sehingga bola tetap terus melaju deras dan bersarang di gawang Lloris untuk keempat kalinya. Hingga injury time skor 4-0 tetap bertahan untuk kemenangan mutlak tuan rumah.
Untuk informasi liga Inggris lainnya Klik Liga Inggris.
 
Susunan Pemain:
Liverpool: Mignolet, Johnson, Skrtel, Agger, Flanagan, Gerrard (Lucas 70'), Henderson, Coutinho (68'), Sterling (Moses 82'), Sturridge, Suarez
Cadangan: Jones, Aspas, Sakho, Cissokho
Tottenham Hotspur: Lloris, Naughton, Kaboul, Vertonghen (Dawson 24'), Rose, Bentaleb (Dembele 60'), Sigurdsson, Lennon (Townsend 59'), Chadli, Eriksen, Soldado
Cadangan: Friedel, Sandro, Winks, Kane

goal.com

0 komentar:

Post a Comment