Friday, May 16, 2014

Olah Raga Sebelum Makan Dapat Menggantikan Peran Insulin

 Olah Raga Sebelum Makan Dapat Menggantikan Peran Insulin
 
theangel.wordpress.com
Pengontrolan gula darah memang menjadi salah satu faktor penting bagi pasien diabetes. Salah satu caranya adalah dengan menyuntikkan insulin sebelum atau sesudah makan. Namun peneliti mengatakan bahwa ada cara untuk menggantikan peran insulin.

Penelitian terbaru dari University of Otago di Dunedin, New Zealand membuktikan bahwa olahraga intens sebelum makan dapat membantu mengurangi kenaikan gula darah yang cukup signifikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami penurunan fungsi insulin.

"Olahraga yang dilakukan secara rutin mampu membuat tubuh lebih sehat, dan olahraga intens dalam waktu singkat sebelum makan mampu mengurangi peningkatan gula darah secara signifikan," tutur Monique Francois, ketua tim peneliti seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/5/2014).

Francois mengatakan bahwa olahraga ternyata mempunyai peran yang sama seperti insulin, yakni menstimulasi otot untuk menyerap gula darah. Sehingga semakin berat olahraga yang dilakukan, semakin cepat pula otot menyerap gula darah.

Hasil lain menunjukkan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah sebanyak 17 persen sesudah sarapan dan 13 persen sesudah makan malam bagi mereka yang sebelumnya melakukan olahraga. Rata-rata kadar gula darah yang turun adalah 12 persen selama satu hari.

Penelitian ini dilakukan Francois kepada dua orang wanita dan tujuh pria yang mempunyai penurunan fungsi insulin. Dua di antaranya mempunyai diabetes tipe 2 namun tidak ada yang melakukan pengobatan ataupun menjaga kadar gula darah.

Para partisipan diminta untuk melakukan program olahraga selama sehari penuh. Salah satunya adalah berlari di treadmill sebelum sarapan, makan siang dan makan malam. Masing-masing olahraga dilakukan selama 30 menit.

Penelitian ini diterbitkan di Journal Diabetologia.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment