Friday, February 28, 2014

Zaman Romawi Kuno Ada Sekolah Untuk Gladiator


Zaman Romawi Kuno Ada Sekolah Untuk Gladiator

wikimedia commons
Sebuah sekolah untuk mempelajari gladiator zaman Romawi Kuno ditemukan di Carnuntum, Austria. Para Arkeolog telah meneliti di wilayah Carnuntum yang terletak dekat dengan Sungai Danube selama lebih dari seabad.


Seperti dikutip dari Detiknews, Sabtu (1/3/2014) pada sekolah tersebut terdapat blok sel, arena pelatihan, dan kompleks mandi. Bangunan ini terkubur berabad-abad di Carnuntum.



Para peneliti melakukan teknik penginderaan jauh untuk menemukan sekolah ini. Sekolah gladiator ini bernama Ludus yang luasnya 30.138 meter persegi.



"Fitur yang paling menonjol pada halaman di sekolah tersebut adalah terdapatnya struktur melingkar dengan diameter 19 meter, yang bisa diartikan sebagai arena pelatihan untuk para gladiator," tulis Wolfgang Neubauer dari Universitas Vienna dalam Jurnal Antiquity.



Menurut Neubeuer bangunan melingkar tersebut dikelilingi oleh bangku penonton yang terbuat dari kayu. Di sayap selatan kompleks bangunan, para peneliti mendeteksi blok sel yang masing-masing hanya mencakup 32-75 meter persegi.



Situs ini juga berisi bukti tempat tinggal dari pemilik sekolah atau lanista. Ada pula kompleks mandi di mana para gladiator bisa pulih dari pelatihan keras mereka.

0 komentar:

Post a Comment