Wednesday, February 26, 2014

Viktor Yanukovych, Dikabarkan Masih di Ukraina


Viktor Yanukovych, Dikabarkan Masih di Ukraina

Presiden Ukraina yang digulingkan, Viktor Yanukovych dikabarkan masih tetap di dalam negerinya. Padahal otoritas setempat memburunya karena telah memerintahkan membunuh para demonstran pekan lalu.


Seperti dilansir AFP, Kamis (27/2/2014), Yanukovych telah melarikan diri ke lingkungan pemukiman mewah miliknya, di luar kota Kiev. Dia melarikan diri usai kekuasaaanya berhasil dilepaskan lewat perubahan cepat yang memakan korban dari pihak demonstran.


"Kami dapat kabar yang mengindikasikan Yanukovych masih di Ukraina," kata wakil jaksa penuntut umum pihak interim Mykola Golomcha di Kiev.


Belum ada keterangan lebih lanjut terkait Yanukovych. Yang jelas, dia terakhir terpantau publik saat melakukan sesi wawancara televisi pada Sabtu (22/2/2014) waktu setempat.


Penuntut menegaskan telah menerbitkan jaminan internasional untuk Yanukovych. Namun belum jelas betul soal sudah adanya permintaan resmi kepada pihak Interpol terkait penanganan Yanukovych.


Yanukovych bersama kroni-kroninya dicari pihak Kiev setelah disebut-sebut telah melakukan 'pembunuhan massal' terhadap demonstran. Pihak parlemen meminta Yanukovych diseret ke Pengadilan Kejahatan Internasional di Hague untuk dituntut. 


Sementara itu pihak Rusia menyatakan tak tahu menahu keberadaan Yanukovych. Seperti diketahui, Yanukovych memimpin pemerintahan pro Russia sementara para demonstran ingin Ukraina bersatu dengan Uni Eropa.


Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pihaknya tak punya informasi soal di mana Yanukovych kini berada. Padahal media lokal Rusia, RBK-TV, telah memberitakan Yanukovych tiba di Moskow pada Selasa (25/2) dini hari, dan berada di hotel mewah milik Ukraina. Pada Rabu (26/2) Yanukovych pergi ke resort kesehatan di Barvikha dekat Moskow, dikutip dari Detiknews.

0 komentar:

Post a Comment