Monday, February 24, 2014

Makanan Populer di Taiwan, Tian Bu La


Makanan Populer di Taiwan, Tian Bu La

Penganan ini populer sebagai salah satu jajanan kaki lima Taiwan. Bentuknya beragam, ada yang direbus dan ada yang digoreng. Terbuat adonan ikan yang kenyal-kenyal gurih dan manis. Dicelup saus kecap tomat, makin enak!


Tian Bu La merupakan jajanan kaki lima Taiwan yang dibuat dari adonan ikan. Camilan ini biasanya digoreng kemudian direbus dalam kaldu dan ditiriskan. Arti kata Tian Bu La adalah “manis bukan pedas.” Rasanya yang manis dengan tekstur kenyal membuat Tian Bu Lamenjadi salah satu camilan favorit di Taiwan.



Bahan utama yang paling penting dalamTian Bu La adalah adonan ikan dan ketumbar. Untuk proses pembuatannya, pertama adonan ikan dimasukkan ke mangkuk besar dan diberi bumbu-bumbu, jahe, lada, minyak wijen dan maizena. Kemudian adonan diuleni dan digulingkan agar bahan tercampur rata.



Adonan ini mirip adonan otak-otak ikan. Adonan akan jadi lengket kenyal. kemudian adonan Tian Bu La digoreng dalam minyak panas dan banyak. Ukuran dan bentuknya sesuai selera.Biasanya Tian Bu La dimakan dengan cocolan dari campuran saus tomat dan kecap.



Terdapat variasi bentuk dan ukuran Tian Bu La. Salah satunya adalah Roda Hitam yang biasa dijajakan di Taiwan Selatan. Namanya unik bukan? Roda Hitam biasa dibuat dengan lebih banyak bahan seperti tahu, lobak, kue beras dari darah babi dan lainnya. Pembuatan Roda Hitam selalu dengan cara direbus, bukan digoreng.



Tian Bu La yang paling terkenal ada di depan kuil Keelung, bagian utara Taiwan. Gerbang kuil ini memang dipenuhi dengan berbagai jajanan populer di Taiwan. Selain Keelung, Tian Bu La ada juga di berbagai pasar malam seperti Shilin dan RaoHe. Untuk dapat mencicipi seporsi Tian Bu La, Anda perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000. Enak dimakan hangat-hangat

0 komentar:

Post a Comment