Wednesday, February 26, 2014

OTORITAS UKRAINA : Perintahkan Penangkapan Presiden Terguling Viktor Yanukovych


OTORITAS UKRAINA : Perintahkan Penangkapan Presiden Terguling Viktor Yanukovych

Otoritas Ukraina mengeluarkan perintah penangkapan bagi presiden terguling Viktor Yanukovych terkait kematian para demonstran antipemerintah di ibukota Kiev.


Perintah penangkapan ini dikeluarkan seiring pemerintah interim Ukraina melancarkan penyelidikan atas "pembunuhan massal" para demonstran selama aksi-aksi demo di Kiev.



"Penyelidikan kasus kejahatan atas pembunuhan massal warga sipil telah dimulai. Yanukovych dan sejumlah pejabat lainnya telah dimasukkan dalam daftar buronan," tutur Menteri Dalam Negeri interim Arsen Avakov dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (24/2/2014).



Menyusul lengsernya Presiden Viktor Yanukovych, pemerintah sementara menyatakan prioritas Ukraina adalah bergabung dengan Uni Eropa. Pejabat sementara Presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov, mengatakan negara itu kini memusatkan upaya pada penyatuan dengan Uni Eropa.



Turchynov ditunjuk sebagai kepala pemerintahan setelah lengsernya Yanukovych dalam sidang parlemen pada Sabtu (22/02). "Kita harus kembali ke pangkuan keluarga negara Eropa," kata sang presiden baru.



Aksi protes berkepanjangan yang berbuntut krisis politik terjadi di Ukraina setelah Yanukovych menolak pakta perdagangan dengan Uni Eropa. 

0 komentar:

Post a Comment