Sunday, August 24, 2014

Kisah Bagaimana Mengurus Visa Korea Selatan

Kisah Bagaimana Mengurus Visa Korea Selatan
korea.panduanwisata.com
Korea Selatan tak hanya soal K-Pop. Negara ini punya alam yang cantik dan kuliner yang kaya. Sebelum berkunjung ke Korea, turis Indonesia harus membuat visa. Ini pengalaman deg-degan membuat visa Korea Selatan.

Alhamdulillah, akhirnya plong juga rasanya. Seperti menunggu pengumuman lulus Ujian SMA atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi, begitulah rasanya mengurus sendiri visa Korea Selatan ini. Proses menunggu yang lumayan lama, sekitar 2 minggu, membuat saya hampir saja putus asa. Tapi, akhirnya pada tanggal 26 Mei 2014, visa pun diterima.

Persyaratan pengajuan visa Korea Selatan bisa dibagi menjadi dokumen penting dan dokumen pendukung. Persyaratan dokumen penting lebih lengkapnya bisa dilihat di laman Web Resmi Kedubes Korsel. Untuk dokumen pendukung, sebenarnya merupakan hal yang tidak wajib, tapi bisa membantu proses dalam pengajuan visa.

Dokumen pendukung yaitu pertama, tiket PP dari kota Anda ke Korsel. Ini merupakan indikasi Anda benar mengapply visa liburan, bukan untuk mencari pekerjaan. Dokumen selanjutnya yakni bukti pemesanan hotel, saya biasanya memesan di salah satu situs booking hotel.

Dokumen pendukung selanjutnya adalah jadwal, serta lokasi dan budget yang akan dikeluarkan selama di Korea Selatan. Ini adalah hal yang bisa membantu konsulat untuk menyetujui visa Anda, jadi jangan ragu untuk meluangkan waktu sebentar untuk membuat itenerary sederhana.

Dokumen keempat yaitu tagihan Kartu Kredit. Kenapa saya mencantumkan bukti keuangan lain sebagai dokumen pendukung, karena tagihan kartu kredit bisa dijadikan sebagai penguat bukti keuangan. Namun, jika anda sudah memiliki rekening koran atau surat refernsi dari bank, maka tidak wajib mencantukan dokumen yang satu ini.

Untuk biaya visa Korea Selatan sendiri ada tiga macam, tergantung lama hari kita akan tinggal di sana. Single Visa (Kunjungan di bawah 90 hari): Rp 480.000. Single Visa (Kunjungan di atas 90 hari): Rp 720.000. Multiple Visa (sampai dengan 3 tahun): Rp 1.080.000. Double Visa (2 Kali kunjungan, berlaku 6 bulan): Rp 840.000.

Biaya visa dibayar pada saat pengajuan aplikasi visa, dan apabila ditolak tidak dikembalikan. Jadwal Pengajuan dan Pengambilan Visa dilakukan pada hari kerja. Pengajuan visa dari pukul 09.00-11.30 WIB. Sementara pengambilan dari pukul 13.30-16.30 WIB. Proses pembuatan visa kurang lebih 5 hari kerja. Bisa juga lebih, tergantung Konsulat.

Ceritanya memang sangat berliku, awalnya saya berkeyakinan bahwa dengan berbekal Visa Jepang, saya akan dengan mudahnya diterima. Namun, setelah saya tunggu seminggu, belom juga ada kabar. Sementara tiga partner traveling saya sudah mengantongi visa Korea Selatan.

Dengan penuh harapan saya telepon Kedutaan setiap hari, dan berharap menemukan jawabannya. Namun, sampai tiga hari, saya belom mendapatkan jawaban. Mereka hanya bisa menjawab dengan kalimat, "Maaf belum jadi, Anda bisa menanyakan kembali besok." Jawaban-jawaban itulah yang saya terima. 

Saya sempat ditelefon oleh kedutaan. Salah satu petugas Kedutaan Korea yang menanyakan SPT Pribadi saya. Padahal, semua persyaratan telah saya lengkapi. Ternyata setelah diperiksa memang ada.

Akhirnya saya memutuskan untuk terus terang kepada Ayah. Sebetulnya mau merahasiakan agenda backpacking kali ini, karena Ayah berulangkali menasehati agar saya menabung dan jangan boros jalan-jalan.

Setelah beres meminta restu orang tua (kata teman saya, restu orang tua adalah segalanya), beberapa hari kemudian saya menelpon lagi ke kedutaan. Saya meminta petugas untuk mengecek visa saya. Dan akhirnya Visa Korea Selatan diterima. 

Sumber berita DetikTravel

0 komentar:

Post a Comment