Thursday, August 7, 2014

Beberapa Resiko Karena Kekurangan Vit D, 4 Diantaranya Adalah Berikut Ini

Beberapa Resiko Karena Kekurangan Vit D,  4 Diantaranya Adalah Berikut Ini

inko9nitodeviantart.com

Vitamin D identik dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan kulit dan mental.

Vitamin D didapat dari makanan seperti minyak ikan, suplemen, dan paparan sinar matahari. Sayangnya, untuk mendapatkan kebutuhan harian vitamin D tidak cukup didapat dari makanan saja. "Satu porsi makanan yang hanya memberikan hampir 20% saja," ujar Catherine Collins, ahli gizi dari rumah sakit St. George, London.

80-90% vitamin D didapat dari paparan sinar Matahari. Namun, sibuk mengurus pekerjaan membuat kita kurang mendapat paparan matahari.

Kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh kita tentu akan berdampak pada kesehatan. Berikut ini risiko kekurangan vitamin D yang telah dirangkum oleh detikHealth dari berbagai sumber, Jumat (8/8/2014):

1. Meningkatkan Risiko Demensia
Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko demensia dan Alzheimer. Hasilnya sangat mengejutkan, hubungannya dua kali lebih kuat daripada yang diperkirakan.
Menurut penelitian dr. Llewelyn, dari University of Exeter Peninsula Medical School, orang yang cukup asupan vitamin D hanya berisiko 42% terkena demensia, sementara mereka yang kekurangan vitamin risikonya jauh lebih tinggi, yaitu 394%.

 2. Sakit tulang
"Saat kekurangan matahari, tubuh akan merasa kesakitan di tulang dan otot," kata dr Michael F. Holick, M.D., Ph.D, profesor dari psikologi,obat, dan biofisika di Boston University Medical Center. Vitamin D sangat membantu tubuh kita untuk menyerap kalsium ke tulang. Kurangnya paparan sinar matahari ke tubuh kita dapat mengakibatkan risiko osteoporosis. Anak-anak yang berusia 6 bulan-5 tahun harus mendapatkan asupan vitamin D yang cukup karena akan melalui tahap kritis perkembangan.

 3. Depresi
Vitamin D dapat meningkatkan neutrotransmitter serotonin yang dapat menumbuhkan semangat kita. Pada sebuah penelitian tahun 1998, suplemen vitamin D diberikan pada saat musim dingin. Hasilnya, orang yang mendapatkan vitamin D memiliki perasaan positif dibandingkan dengan yang tidak.

 4. Multiple Sclerosis
Para peneliti juga menyatakan ada hubungan antara kekurangan vitamin D dengan multiple sclerosis, peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang. Multiple sclerosis paling banyak menyerang orang yang tinggal jauh dari garis khatulistiwa dan hanya sedikit terpapar sinar matahari.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment