Saturday, August 16, 2014

Kebiasaan Merokok dan Makan Makanan Tak Sehat Bisa Berakibat Pada Buah Hati Anda

Kebiasaan Merokok dan Makan Makanan Tak Sehat Bisa Berakibat Pada Buah Hati Anda

nibayiku.com

Kebiasaan merokok, minum alkohol dan makan makanan tidak sehat ketika muda memang memiliki risiko menyebabkan masalah kesehatan bagi Anda ketika tua. Tak hanya itu, kerugian akibat gaya hidup tak sehat juga bukan hanya dirasakan sendiri, tapi juga anak Anda kelak.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Australia mengatakan bahwa salah satu anak sakit-sakitan adalah gaya hidup orang tua saat muda. Kebiasaan merokok, minum alkohol atau makan makanan tidak sehat akan terekam dalam sperma ayah atau sel telur ibu. Akibatnya, anak rentan mengalami masalah kesehatan.

"Orang sering berpikir bahwa selama masih belum mempunyai anak, mereka bisa dengan bebas melakukan apapun, dan berharap ada perubahan ketika sudah mempunyai anak. Kenyataannya, anak bukan memiliki 'rekam jejak' kebiasaan orang tua yang terekam dan akan mempengaruhi kondisi mereka," ungkap ketua peneliti Profesor Sarah Robertson dari University of Adelaide, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (15/8/2014).

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal Science tersebut mengatakan bahwa kebiasaan-kebiasaan tidak sehat orang tua terekam di sperma dan sel telur, dan akhirnya mengendap di embrio. Sehingga sangat mungkin jika ayah atau ibunya obesitas, anak juga akan mengalami hal yang sama.

Gaya hidup yang terekam di sperma atau sel telur tersebut erat hubungannya dengan faktor gen dan DNA. Terlebih, anak akan lebih memiliki risiko kesehatan jika kedua orang tuanya mempunyai sejarah gaya hidup yang tidak sehat.

Namun Anda tak perlu khawatir. Dikatakan Prof Robertson, proses 'perekaman' DNA di sperma dan sel telur sangat dipengaruhi oleh secepat apa organ genital Anda memproduksi kedua hal tersebut. Biasanya, butuh waktu tiga bulan bagi sperma dan sel telur untuk dapat 'merekam' DNA Anda, sebelum akhirnya sperma atau sel telur diproduksi.

"Beberapa perbaikan gaya hidup dapat membuat Anda berada di jalur yang tepat. Terutama di bulan-bulan terakhir sebelum menikah.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment