Friday, June 27, 2014

TIPS : Sukses Mencari Pekerjaan Bagi Mahasiswa Baru Lulus

 TIPS : Sukses Mencari Pekerjaan Bagi Mahasiswa Baru Lulus

republika.co.id

Nasihat terbaik memang kerap datang dari orang-orang yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang terkait. Begitu pula dengan nasihat mengenai karir. Bagi Anda yang baru maupun akan lulus kuliah atau memiliki orang tersayang yang tengah mencari kerja pasca menyelesaikan studi, tak ada salahnya untuk mencermati lima petuah di bawah ini. Tips dan trik ini datang dari para profesional yang mengerti sulitnya mencari pekerjaan namun telah berhasil mendapatnya. Inilah lima tipsnya seperti yang dikutip dari situs BCC:

1. Gali Informasi Perusahaan Idaman
Sebagian orang memiliki satu atau beberapa perusahaan favorit dimana Ia ingin bekerja. Jika Anda salah satunya, yang perlu dilakukan adalah menggali info mengenai perusahaan terutama terkait lowongan. Informasi bisa didapatkan melalui situs, twitter, atau kenalan yang bekerja di sana. Jika memang perusahaan sedang tidak mencari pegawai, tawarkanlah diri sebagai tenaga sukarela atau magang. Bila kesempatan itu juga belum tersedia, lakukan saja di perusahaan lain dengan bidang yang sama. Dengan begitu, network dan kemampuan Anda menjadi lebih berkembang. Selain mengenai lowongan, pengetahuan seputar pekerjaan dan perusahaan juga dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar saat melakukan wawancara Anda terlihat cerdas dan tertarik untuk bergabung dengan mereka.

2. Manfaatkan Kenalan
Salah satu cara paling cepat untuk mendapatkan pekerjaan atau info lowongan adalah dengan bertanya pada orang yang bekerja di bidang tersebut. Orang-orang ini bisa jadi adalah alumni fakultas atau dosen yang Anda kenal. Atau bisa juga memanfaatkan departemen kampus yang mengurus masalah pengembangan karir. Tak hanya mengenai lowongan, Anda juga bisa meminta nasihat dan gambaran dunia kerja sehingga wawasan mengenai karir menjadi lebih terbuka.

3. Membuat CV Kreatif
Untuk segera dapat kerja, sebaiknya jangan tunggu sampai bertemu lowongan. Karena terkadang ada juga kesempatan kerja tidak yang tidak diiklankan. Langsung saja kirimkan CV dan surat lamaran Anda. Untuk lebih mengambil hati pihak perusahaan, Anda bisa mengirimkan CV yang dibuat lebih spesial. Buatlah sesuatu yang kreatif dan tidak biasa seperti CV berbentuk benda atau sample produk terkait bidang kerja.

4. Berikan Informasi yang Bermanfaat
Demi menarik perhatian pihak perusahaan, dibutuhkan lebih dari CV yang terlihat potensial. Jika bisa, tawarkan pula informasi inovatif yang bisa membantu perusahaan mengembangkan diri. Misalnya dengan menawarkan ide produk, pendekatan marketing, atau riset terkait yang berguna bagi perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa memperlihatkan ketertarikan pada pekerjaan dan jiwa kompetisi yang tinggi.

Sumber berita Wolipop

0 komentar:

Post a Comment