Saturday, June 14, 2014

Biang Keringat, Bagaimana Cara Tepat Mengatasinya

Biang Keringat, Bagaimana Cara Tepat Mengatasinya

medicastore.com
Setiap dari kita pasti pernah merasakan gatal, bukan? Gatal yang dirasakan pun terkadang membuat kita kesal dan lelah. Tidak hanya kita, buah hati kita pun sering mengalami hal seperti itu. Gatal yang dialami anak pun kerap kali luput dari perhatian kita sebagai orang tua.

Masalah awalnya pun sama, yakni biang keringat. Menurut dr. Ratna Purnamasari, biang keringat adalah ruam yang gatal.

"Biang keringat atau miliaria adalah ruam yang gatal, bintik-bintik merah kecil yang timbul dan menyebabkan rasa menyengat atau tusukan pada kulit," ucap ucap dokter yang tengah hamil delapan bulan itu.

Biang keringat yang terjadi pada anak sering tak disadari oleh para orang tua. Kemunculannya bisa dimana saja.

"Biasanya (biang keringat) muncul di wajah, leher, punggung, atau daerah yang tertutup pakaian," jelas dr. Ratna, ditemui dalam Coaching Clinic yang diadakan Caladine di Kidzania, Pacific Place, Jakarta Selatan, seperti ditulis Sabtu (14/6/2014)

Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari pakaian yang tidak menyerap keringat hingga kebersihan kulit yang kurang terjaga dengan baik. Pada dasarnya biang keringat dapat dicegah tanpa harus melakukan cara yang sulit.

"Cara mencegahnya adalah dengan menggunakan baju yang menyerap keringat, banyak minum setelah aktivitas berat, dan menjaga kebersihan kulit agar bakteri tidak berkumpul," jelas dr. Ratna.

Maka dari itu, dokter spesialis kulit itu mengingatkan orang tua agar terus mengawasi buah hatinya bermain, terlebih di cuaca yang tak tentu akhir-akhir ini. Karena terkadang anak tak mau bercerita ketika mengalami biang keringat.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment