Friday, June 6, 2014

Hasil Penelitian Membuktikan Virus MERS-Co Ditularkan Dari Hewan Unta

Hasil Penelitian Membuktikan Virus MERS-Co Ditularkan Dari Hewan Unta

swissdefenceleague.wordpress.com

Meski sebelumnya para peneliti telah menuding unta sebagai penyebar virus MERS (Middle East respiratory syndrome), namun baru kali ini mereka berhasil memastikan apakah hewan padang pasir ini bisa dijadikan tersangka utama.

Ini karena tim dokter percaya mereka baru saja menemukan bukti pertama bahwasanya virus mematikan itu memang ditularkan dari unta ke manusia. Bukti ini diperoleh setelah peneliti mengotopsi jenazah seorang pria asal Arab Saudi yang meninggal akibat infeksi pernapasan akut ini.

Benar saja, pria yang dirawat di King Abdulaziz University Hospital, Jeddah ini ternyata memelihara sembilan ekor unta yang sempat jatuh sakit beberapa saat sebelum majikannya terinfeksi. Bahkan dari catatan medis juga diketahui si pria yang berusia 44 tahun itu pun sempat memberikan obat berupa tetes hidung pada unta-unta peliharaannya itu.

Seperti dikutip dari BBC, Sabtu (7/6/2014), setelah si pasien meninggal, barulah peneliti mencoba menganalisis sampel virus MERS yang diambil dari tubuh ke-9 unta tersebut berikut sampel dari pemiliknya. Dari situ peneliti melaporkan bahwa ada rangkaian genome dari kedua sampel dinyatakan identik atau sama.

Dengan kata lain dapat dipastikan bahwa MERS dapat menular lewat kontak langsung antara manusia dengan unta yang terinfeksi. Laporan studi ini pun telah dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine.

"Namun ada satu hal yang belum diketahui, apakah ini menular lewat pernapasan atau tidak. Karena pasien sempat memberikan obat berupa tetes hidung ke unta, tapi ada juga dugaan virus di susu unta," timpal Jonathan Ball, profesor virologi dari Nottingham University menanggapi temuan tersebut.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment