Thursday, June 5, 2014

Menakjubkan Pemandangan Pohon Besar Didalam Gua Rancang Kencono, Gunung Kidul

Menakjubkan Pemandangan Pohon Besar Didalam Gua Rancang Kencono, Gunung Kidul
arif-febriyanto.com
Ada pemandangan tak biasa saat Anda datang ke Gua Rancang Kencono di Desa Wisata Bleberan, Gunungkidul. Gua ini punya rongga yang di dalamnya ada pohon besar menjulang tinggi belasan meter. Aneh tapi nyata!

Suatu gua identik dengan kegelapan dan suasana lembab. Beda cerita kalau Anda datang ke Gua Rancang Kencono. Gua ini tipenya adalah gua horizontal tapi ada pohon besar di tengah aulanya yang menjulang tinggi melewati atap gua.

"Menurut penelitian, pohon di Gua Rancang Kencono itu berumur 300 tahun. Pohon tersebut bernama pohon klumpit atau bahsa latinnya Terminalia edulis. Itulah yang jadi keunikannya," ujar salah satu pengelola Desa Wisata Bleberan dari desawisatableberan.com, Tri Harjono, Kamis (5/6/2014).

Tri menambahkan, tidak ada yang tahu asal usul mengapa pohon tersebut bisa tumbuh menjulang tinggi dari dalam gua. Rongga Gua Rancang Kencono yang ada pohon besarnya itu ada hanya berjarak sekitar 5 meter saja dari pintu gua.

"Luas aulanya dua kali luas lapangan bulu tangkis," ucap Tri.

Sedikit mengulik sejarah, Gua Rancang Kencono berasal dari kata rancang yang berarti merancang dan kencono yang berarti emas. Dua kata itu menggambarkan fungsi gua yang pada zaman dulu digunakan sebagai markas prajurit Mataram untuk mengusir penjajah Belanda.

"Sejarahnya, Gua Rancang Kencono digunakan sebagai markas pengaturan strategi prajurit Mataram di tahun 1720-an untuk melawan penjajah, makanya dinamakan seperti itu. Kalau kata emas, mungkin kiasan dari strategi yang mereka jalankan," kata Tri.

 Selain itu, menurut Tri, Gua Rancang Kencono pernah dijadikan tempat pertapaan. Para petapa biasanya menghabiskan diri di ruang zona gelap abadi yang tanpa cahaya.

"Tapi praktek pertapaan sudah tidak ada sejak 10 tahun belakangan ini. Gua Rancang Kencono kini adalah tempat wisata yang ramai dikunjungi orang. Sehari saat hari Senin-Jumat rata-rata bisa dikunjungi sampai 200 orang," ujar Tri.

Tri pun menawarkan paket wisata untuk mengunjungi Gua Rancang Kencono. Harga paket tur untuk masuk ke gua dan sekaligus mengunjungi air terjun Sri Gethuk yang letaknya tak jauh hanya sebesar Rp 17 ribu saja.

"Kami juga punya paket outing outbound dan meeting di aula Gua Rancang Kencono. Untuk outing 30 orang, rata-rata per orangnya Rp 150 ribu dan sudah termasuk makan," papar Tri.

Gua Rancang Kencono berjarak sekitar 40 km atau satu setengah jam dari pusat kota Yogya. Gua Rancang Kencono dibuka setiap hari untuk dikunjungi wisatawan dari pukul 08.00-16.00 WIB.

"Untuk Gua Rancang Kencono, wisatawan hanya bisa sampai aulanya saja. Setelah dari aula ada ruang zona gelap abadi dan tidak ada jalan lagi," tutup Tri.


Sumber berita DetikTravel

0 komentar:

Post a Comment