Tuesday, June 10, 2014

Sedang Berdiet, Jangan Makan Dengan Paparan Lampu Berwarna Biru

Sedang Berdiet, Jangan Makan Dengan Paparan Lampu Berwarna Biru
bossilmu.blogspot.com
Sebuah penelitian terbaru membuktikan konsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Lewat serangkaian eksperimen, disimpulkan pemaparan lampu berwarna biru jadi salah satu pemicu rasa lapar dan perubahan metabolisme glukosa.

Northwestern University merekrut grup studi yang terdiri dari 10 orang dewasa sehat dengan jadwal makan dan tidur teratur. Mereka menerima hidangan kaya karbohidrat dan menyelesaikan serangkaian tes yang melibatkan pengaturan lampu saat makan.

Mereka menyelesaikan protokol empat hari di bawah kondisi lingkungan dengan lampu redup dengan paparan kurang dari 20 lux selama 16 jam saat beraktivitas dan kurang dari 3 lux selama delapan jam saat tidur. Pada hari ketiga pemaparan mencapai 260 lux selama tiga jam, lampu biru mulai dipaparkan 10,5 jam setelah bangun, dan efeknya dibandingkan dengan pemaparan lampu pada hari kedua.

Dibandingkan dengan paparan lampu redup, lampu biru ternyata meningkatkan rasa lapar partisipan setelah 15 menit. Tingkat lapar yang tinggi tersebut bertahan hampir dua jam setelah partisipan mengonsumsi makanan.

“Ini sangat menarik untuk mengamati tiga jam pemaparan lampu biru di sore hari bisa mempengaruhi rasa lapar dan metabolisme glukosa. Hasil ini sangat penting karena memanipulasi lingkungan pemaparan lampu pada manusia bisa mempengaruhi kedua hal tersebut,” tutur co-author Ivy Cheung dalam journal SLEEP (03/06/2014).

Paparan sinar biru telah lama diketahui bisa mempengaruhi waktu tidur karena bisa merusak produksi hormon tidur bernama melatonin. Melewatkan waktu tidur cukup juga terbukti bisa meningkatkan rasa lapar dan asupan kalori.

Masih terlalu dini untuk menghubungkan kedua ide mengenai lampu biru yang mengurangi waktu tidur bisa memicu asupan kalori berlebih. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk mengetahui apakah pemaparan sinar biru pada waktu makan bisa mempengaruhi tidur sekaligus rasa lapar seseorang.

Sumber berita DetikFood

0 komentar:

Post a Comment