Sunday, June 15, 2014

Beberapa Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

 Beberapa Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

cancerbattlefield.com
Jahe tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dan penyedap masakan. Sejak dulu, rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Ocfficinale ini telah banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Di Indonesia sendiri, jahe juga kerap dimanfaatkan sebagai obat dan kini masyarakat Eropa pun mulai menggunakannya.

Mengonsumsinya bisa dilakukan dengan beragam cara; baik dimakan saat masih segar maupun dikeringkan. Jahe juga bisa dikonsumsi sebagai campuran dalam teh atau dalam bentuk kapsul serta pil suplemen. Rempah yang memiliki sensasi menghangatkan ini dipercaya bisa meredakan peradangan, heartburn, infeksi pernapasan, bronkhitis dan radang sendi. Namun khasiat yang paling terkenal dari jahe adalah menghilangkan rasa mual dan mengobati gangguan pencernaan.

Senyawa kimia alami yang terkandung dalam jahe dipercaya ampuh bekerja langsung ke perut untuk mengatasi mual sekaligus mencegah muntah, bahkan bisa meningkatkan kemampuan otak dan sistem syaraf. Khasiat jahe sebagai penyembuh pun telah terbukti secara ilmiah.

Seperti dikutip dari ABC Australia, studi menunjukkan bahwa jahe bisa membantu mengurangi rasa mual yang kerap terjadi pada wanita hamil. American College of Obstetricians and Gynecologists telah merekomendasikan, jahe bisa digunakan sebagai alternatif penghilang mual dan muntah selama kehamilan, mengingat wanita hamil sangat berisiko bila mengonsumsi obat-obatan kimia yang bisa menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa jahe pun bermanfaat meredakan mual pada kondisi lainnya, bukan hanya saat kehamilan. Beberapa kondisi yang bisa diatasi dengan konsumsi jahe adalah mual karena mabuk kendaraan, mabuk di pagi hari, juga mual setelah kemoterapi atau pasca operasi.

Meskipun alami, penggunaan jahe untuk pengobatan sebaiknya tetap dibatasi. Konsumsi yang berlebihan bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti heartburn, bengkak bahkan iritasi pada lambung.

Jahe yang dioleskan langsung ke kulit juga kemungkinan bisa menimbulkan iritasi seperti kemerahan atau bengkak. Sebaiknya konsumsi jahe tak lebih dari 10 gram per hari, atau sekitar empat ruas.

Sumber berita Wolipop

0 komentar:

Post a Comment