Tuesday, June 17, 2014

TIPS: Mengolah Ayam Agar Terhindar Dari Penyebaran Bakteri Campylobacter

TIPS: Mengolah Ayam Agar Terhindar Dari Penyebaran Bakteri Campylobacter
resepajib.com
Sebelum diolah, setiap bahan makanan harus dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu untuk memastikan bahan tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun di Inggris, konsumen diwanti-wanti agar berhenti mencuci daging ayam mentah karena ini meningkatkan risiko keracunan.

Food Standards Agency (FSA) UK menemukan aktivitas ini disinyalir dapat menyebarkan salah satu jenis bakteri bernama campylobacter ke kedua tangan yang nantinya dapat bersinggungan dengan permukaan berbagai benda, pakaian maupun alat masak. Ini adalah bakteri yang dapat mengakibatkan keracunan makanan.

 Di Negeri Ratu Elizabeth ini campylobackter sebagai penyebab keracunan makanan rutin menyerang 280.000 orang tiap tahunnya. Namun dari survei terbaru yang dilakukan FSA, hanya sepertiga (dari 4.500 responden) yang tahu bahwa sumber utama campylobacter adalah bahan makanan ternak yang masih mentah.

Setahu mereka keracunan makanan lebih banyak diakibatkan oleh persebaran salmonella atau E.coli.

Keracunan makanan akibat campylobacter memiliki gejala antara lain diare, nyeri perut, termasuk kram, demam dan rasa tak enak badan. Kebanyakan penderitanya hanya jatuh sakit selama beberapa hari, namun FSA mengungkapkan campylobacter dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang seperti sindrom iritasi usus dan Guillain-Barre, gangguan serius pada sistem saraf.

Ngerinya lagi, keracunan makanan akibat campylobacter ternyata juga bisa mematikan. Yang paling berisiko adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun dan lansia.

"Meski orang-orang mengikuti rekomendasi kami untuk mencuci tangan setelah memegang ayam mentah dan memastikannya benar-benar bersih, dari riset kami juga ketahuan bahwa mencuci ayam mentah itu umum sekali dilakukan (44 persen). Di situlah kami merasa perlu memberikan peringatan," tandas kepala eksekutif FSA, Catherine Brown.

Lantas bagaimana menghindari persebaran campylobacter? Berikut tips dari FSA seperti dikutip dari BBC, Selasa (17/6/2014):

1. Bungkus ayam mentah sedemikian rupa dan masukkan ke dalam lemari pendingin
2. Simpan di bagian terbawah lemari pendingin untuk mencegah tetesan air dari daging jatuh ke bahan makanan lainnya
3. Jangan dicuci
4. Cuci seluruh alat masak dengan benar ketika akan mengolah ayam mentah
5. Masak ayam mentah sampai benar-benar matang, jangan sampai matang tak merata

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment