Saturday, June 28, 2014

TIPS : Agar Wajah Terhindar Dari Jerawat

 TIPS : Agar Wajah Terhindar Dari Jerawat
patnerwanita.com
Ketika jerawat muncul, terutama di wajah, bisa jadi rasa percaya diri seseorang turun drastis. Meskipun pada wanita, saat akan datang bulan jerawat bisa saja muncul akibat adanya perubahan hormon. Namun, sebenarnya ada lho cara praktis untuk mencegah timbulnya jerawat membandel.

"Supaya wajah tidak mudah berjerawat, wajah harus dalam keadaan bersih yakni cuci kulit wajah dengan sabun muka secara teratur," kata dr Eddy Karta SpKK,  pada Jumat (27/6/2014).

Umumnya, mencuci muka dilakukan tig akali sehari. Tetapi, perlu disesuaikan dengan aktivitas. Selain itu, agar jerawat tak mudah muncul perlu juga penggunaan pelindung wajah yang juga sekaligus mencegah jerawat berupa pelembab khusus wajah berminyak. Pelembab ini digunakan pagi dan malam secara teratur.

"Serta hindari faktor pemicu jerawat misalnya konsumsi manis, tidur terlalu malam, stres, terlalu banyak paparan sinar matahri, dan rokok. Perlu juga memperbanyak konsumsi antioksidan," lanjut dokter yang praktik di EDMO Klinik Jakarta Selatan ini.

Lebih lanjut, dr Eddy menjelaskan jerawat atau dalam dunia medis disebut akne vulgaris merupakan peradangan kronik folikel pilosebaseus yang dipengaruhi banyak faktor. Jerawat juga memiliki beberapa varian seperti komedo, bintil (papul), nanah di dalamnya (pustul) maupun jerawat batu (nodul) yang kadang disertai rasa gatal.

Jerawat disebabkan oleh tersumbatnya lemak di folikel pilosebaseus yang kemudian mengalami infeksi. Untuk mengobatinya pun tak selalu mudah karena dipengaruhi tiga faktor yaitu produksi sebum atau minyak yang dipengaruhi gaya hidup, stres, hormonal dan keturunan, sumbatan akibat kulit karena sering teriritasi dan adanya kotoran di wajah, serta infeksi oleh kuman propionibacterium acnes.

"Untuk mengatasi jerawat selain dengan obat oles topikal tetapi juga yang terpenting adalah mencari faktor yang menjadi penyebab utama dan menerapkan pola hidup yang sehat," kata dr Eddy.

Sumber berita DetikHealth











0 komentar:

Post a Comment