Sunday, June 29, 2014

California Resmi Mencabut Peraturan Penggunaan Sarung Tangan Bagi Karyawan Restoran

 California Resmi Mencabut Peraturan Penggunaan Sarung Tangan Bagi Karyawan Restoran
kaskus.co.id
Setelah sebelumnya parlemen California berencana menarik kembali Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai penggunaan sarung tangan , kini RUU itu resmi ditiadakan. Karenaya karyawan tidak wajib memakai sarung tangan saat bekerja di dapur restoran.

Gubernur California, Jerry Brown, mengumumkan pada Sabtu (28/06/2014) bahwa telah dilakukan penandatanganan aturan AB 2130. Peraturan pemerintah tersebut mencabut kewajiban karyawan restoran untuk menggunakan sarung tangan atau peralatan lainnya dalam menangani makanan sebelum sampai ke piring konsumen.

RUU mengenai tidak diperbolehkan menggunakan tangan langsung sebenarnya sudah disetujui tahun lalu dan rencananya akan efektif mulai 1 Juli. Keberadaan peraturan itu bertujuan mencegah penularan penyakit pada makanan mulai dari nasi untuk sushi sampai mint di mojito.

Terdapat 41 negara bagian lainnya memiliki larangan serupa.Peraturan di California tidak mendapat penolakan dari jaringan restoran. Akan tetapi beberapa chef independen dan bartender mengeluh bahwa peraturan itu membatasi kreatifitas membuat makanan dengan tangan langsung. Peraturan juga dianggap mengganggu rutinitas mencuci tangan dan justru menghasilkan limbah dari sarung tangan sekali pakai.

Anggota parlemen sekaligus ketua komite kesehatan dan pembuat peraturan, Richard Pan, menyatakan dia ingin meninjau kembali larangan penggunaan sarung tangan namun tetap membuat pemilik restoran fleksibel.

"Ini bukan tentang penggunaan sarung tangan atau tidak. Ini mengenai seberapa bersih menyentuh permukaan makanan. Kami perlu melakukan pembicaraan kembali terkait keamanan pangan," tutur Richard pada Associated Press (28/06/2014).

Wilayah lainnya di Amerika seperti Louisiana, Minnesota, Montana, Nebraska, Oregon, South Carolina dan Wyoming mendukung peraturan yang meminimalisir kontak tangan dengan makanan namun bukan larangan tidak adanya kontak tangan sama sekali. Tennessee sendiri akan menerapkan larangannya tahun depan.

Data dari US Centers for Disease Control and Prevention menemukan bahwa menyentuh makanan secara langsung yang dilakukan pekerja restoran menjadi cara umum penyebab wabah norovirus antara tahun 2001-2008 di Amerika.

Sumber berita DetikFood

0 komentar:

Post a Comment