Friday, January 23, 2015

Pewaris Tahta Arab Saudi Adik Raja Abdullah

Pewaris Tahta Arab Saudi Adik Raja Abdullah
id.wikipedia.org
Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz wafat pada Jumat (23/1/2015) dini hari waktu setempat. Televisi pemerintah Saudi menyiarkan berita wafatnya raja berumur 90 itu dan menyatakan Putra Mahkota Pangeran Salman bin Abdulaziz yang merupakan adik Abdullah sebagai pengganti mendiang Abdullah yang memerintah sejak 2005.
Abdullah sudah dirawat selama beberapa minggu terakhir di rumah sakit akibat infeksi paru-paru. Ia juga mengalami sejumlah gangguan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.
Abdullah adalah putra ke-13 dari Raja Abdulaziz, pendiri Arab Saudi. Sistem tahta Arab Saudi sendiri menganut pewarisan dari putra tertua hingga termuda Abdulaziz, tidak seperti sistem primogenitiur dari generasi satu ke generasi lainnya.
Walau resmi naik tahta tahun 2005, Abdullah sendiri secara de facto sudah memerintah Saudi sejak pendahulunya Raja Fahd terkena stroke di tahun 1995.
Media internasional seperti BBC dan CNN memuji Abdullah sebagai sosok reformis yang mengizinkan kritik terbatas terhadap pemerintah negeri minyak ini, memberi kesempatan kepada wanita untuk bekerja, dan juga melakukan reformasi pendidikan dan infrastruktur.
Abdullah dikenal sebagai sekutu dekat Amerika Serikat dalam memerangi gerakan teroris Al Qaeda dan ISIS.
Raja baru, Salman merupakan mantan Gubernur Provinsi Riyadh dan Menteri Pertahanan. Ia telah menunjuk saudara termudanya Pangeran Muqrin yang menjabat sebagai Direktur Badan Intelijen Arab Saudi sebagai putra mahkota baru

Sumber berita KOMPAS.com

0 komentar:

Post a Comment