Friday, January 23, 2015

Kepiting Bertelur dan Lobster Disukai Banyak Orang

Kepiting Bertelur dan Lobster Disukai Banyak Orang
kaltim.tribunnews.com
Selain kepiting soka, kepiting telur juga banyak diminati oleh para pecinta seafood. Akan tetapi dengan adanya peraturan baru, kepiting telur dilarang untuk dipejual belikan. Hal ini dilakukan untuk melestarikan populasi kepiting. Bagaimana cara membedakan kepiting jantan dan betina?
Di beberapa restoran seafood, banyak ditemui jenis kepiting soka dan kepiting telur. Untuk kepiting soka, jenis kelamin tidak menjadi masalah karena konsumen lebih memilih berfokus pada jenis cangkang yang lunak. Akan tetapi untuk kepiting 'gendong' telur yang dipilih sudah pasti kepiting betina.
Seperti yang dilansir Detikfinance (22/01/2015), setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) No 1/2015. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti telah membuat larangan penangkapan serta penjualan lobster, kepiting dan rajungan dalam keadaan bertelur.
Hal ini dilakukan untuk mencegah kepunahan populasi kepiting, lobster dan rajungan. “Karena satu ekor kepiting bertelur jika dibiarkan hidup di alam dapat menghasilkan sekitar 5.000 kali atau setara dengan 5 ton kepiting.” tutur Susi dalam Detikfinance (19/01/2015).
Untuk membedakan antara kepiting jantan dan betina, Anda dapat melihatnya dari bentuk penutup perutnya. Kepiting jantan memiliki bentuk tutup perut yang lebih lancip serta menyempit seperti segitiga​.​ ​S​edangkan kepiting betina tutup perutnya bundar, cembung dan lebih lebar.
Dari segi fisik pada umumnya kepiting jantan lebih besar daripada betina.​ ​Selain itu, kepiting jantan memiliki sepasang capit yang dapat mencapai panjang hampir dua kali lipat daripada panjang karapasnya. Sedangkan kepiting betina relatif lebih pendek.
Konsumsi kepiting atau lobster yang mengandung telur pada masyarakat Tiongkok dipercaya dapat menambah kekayaan. Hal inilah yang menjadikan tingginya tingkat permintaan kepiting hingga lobster yang mengandung telur sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
​Kepiting bertelur umumnya lebih besar dan berat dibandingkan kepiting jantan. ​​Butiran telurnya berwarna kuning lembek hingga oranye bergumpal. Bagian inilah yang gurih creamy sehingga disukai banyak orang. Butiran telur ini sering ditambahkan dalam sup krim kepiting.​

Sumber berita DetikFood

0 komentar:

Post a Comment