Monday, March 9, 2015

Epub “ Terjemahan Lontarak Bugis” Online

Epub “ Terjemahan Lontarak Bugis”  Online

http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=Terjemahan+Lontarak+Bugis&pType=Title&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku ini merupakan hasil penyalinan ulang naskah koleksi Perpustakaan Nasional berjudul  Terjemahan Lontarak Bugis Online adalah buku digital   dalam format EPUB dan  FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook. PC baca file EPUB dapat Unduh Drivernya dihttp://www.epubread.com/en/, atau http://calibre-ebook.com/.
 
“Lontarak adalah suatu karya sastera orang Bugis yang sudah memasyarakat di tengah-tengah masyarakat Bugis sejak zaman dahulu. Lontarak mempunyai sifat-sifat tertentu yang perIu diketahui dan diperhatikan. Untuk memahami lontarak perlu pengetahuan khusus, karena lontarak juga merupakan naskah sastera budaya mempunyai sifat-sifat tertentu sebagaimana sastera budaya bahasa-bahasa lain.”
 
Di kalangan orang Bugis, sejak zaman dahulu lontarak mempunyai peranan yang penting sekali dalam kehidupannya, karena lontarak mengandung nilai-nilai budaya yang tinggi yang menjadi pedoman hidup dan kehidupannya.

Lontarak dewasa ini menjadi titik perhatian para peneliti ilmiah, baik peneliti dalam negeri maupun peneliti luar negeri, karena dapat dipandang menjadi sumber data ilmiah yang dapat dikembangkan”.

“Jenis lontarak di Sulawesi Selatan antara lain:

Lontarak: Pappaseng, Pagalung, Surek-surek, Pattaungeng (catalan harian), Adek, Uluada, Allopiloping, Silsilah/ Pangoriseng, Attoriolong, Paupau Rikodong, Pangaja dan lain-lain sebagainya, isi lontarak antara lain menandung aspek budaya yang terdiri atas beberapa aspek budaya: sosial, ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan tehnik, kcscnian dan filsafat”
Sumber: perpusnas.go.id; Terjemahan Lontarak Bugis.

1 comment: