Friday, March 6, 2015

Epub Serat Salokadarma Suntingan Teks Online

Epub Serat Salokadarma Suntingan Teks  Online

http://opac.pnri.go.id/DetaliListOpac.aspx?pDataItem=Serat+Salokadarma+Suntingan+Teks&pType=Title&pLembarkerja=-1
perpusnas.go.id
Buku ini merupakan hasil penyalinan ulang naskah koleksi Perpustakaan Nasional berjudul  Serat Salokadarma Suntingan Teks Online adalah buku digital   dalam format EPUB dan  FlipBooks yang ditampilkan dalam format 3D yang bisa dibuka-buka (flipping). Silahkan Klik gambar bukunya untuk langsung terhubung dengan file onlinenya (digital). Untuk baca ebook lainnya Klik Ebook. PC baca file EPUB dapat Unduh Drivernya dihttp://www.epubread.com/en/, atau http://calibre-ebook.com/.
Untuk SMARTPHONE dapat unduh drivernya di Play Store (UB epub reader), 

“Serat Salokadarma atau disebut juga Serat Kancil Salokadarma adalah karya sastra Jawa yang berisi ajaran-ajaran hidup yang mengambil tokoh binatang. Serat kancil dalam karya sastra Jawa banyak versinya, Serat Salokadarma adalah salah satu versi dari serat kancil tersebut. Serat Salokadarma ditulis oleh Pangeran Aryo Sasraningrat pada tahun 1891 di Pakualaman, Yogyakarta.”
“Serat Salokadarma banyak menyimpan nilai-nilai budi pekerti yang baik, dan ajaran kesempurnaan hidup yang masih sangat relevan jika diimplementasikan dalam kehidupan bermasyakat di tengah masyarakat modern yang cenderung pragmatis dan materialistis ini.”
“Cerita tentang binatang dapat dikategorikan sebagai dongeng. Dongeng adalah prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu dan tempat. Dongeng diceritakan untuk tujuan hiburan yang didalamnya terdapat ajaran tentang moral dan bahkan sindiran (Dananjaya, 1984: 86). ”
“Serat Salokadarma (Serat Kañcil). Berdasarkan keterangan di dalam katalog disebutkan bahwa naskah merupakan saduran baru cerita Serat Kañcil yang ditulis oleh Pangeran Aryo Sasraningrat pada tahun 1891 di Pakualaman, Yogyakarta. Naskah diperoleh Bataviaasch Genootschap pada tahun 1892 dari Sasraningrat sendiri.

        Keterangan di halaman depan naskah sebelum teks menyebutkan bahwa tujuan menyadur kembali dongeng kañcil yaitu: 1). sebagai ajaran 2). menjabarkan tentang ilmu kejawen 3). Menggandengkan bahasa Jawa dengan bahasa Arab di dalam tembang macapat.

       Teks Serat Salokadarma ditulis menggunakan aksara dan bahasa Jawa yang terdiri dari 519 halaman, ukuran naskah 20 x 16 cm. dengan 15 baris per halaman. Halaman teks menggunakan angka Arab, halaman terputus sampai halaman 326 dua halaman selanjutnya kosong. Kemudian halaman dimulai lagi dengan halaman 1, tetapi di dalam suntingan teks, halaman dilanjutkan berdasarkan halaman sebelumnya. Naskah ini dalam kondisi yang kurang bagus, terutama untuk jilidan karena banyak lembaran naskah yang terlepas.” 

Sumber:Perpustakaan Nasional RI. “Serat Salokadarma Suntingan Teks.”



0 komentar:

Post a Comment