Sunday, July 20, 2014

TIPS : Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Ketika Sedang Berpuasa

TIPS : Agar  Bibir Tidak Pecah-Pecah Ketika Sedang Berpuasa   

doktercewek.com
Dehidrasi pada kulit seringkali tak bisa terhindarkan saat bulan puasa. Biasanya, bagian kulit yang terasa paling kering adalah di sekiter bibir. Kekeringan kulit saat bulan puasa terjadi karena asupan air di tubuh berkurang. Namun, masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan beragam tips sederhana ini yang membantu bibir senantiasa lembab selama puasa.

1. Hindari Makan atau Minuman Asam
Selain tidak baik bagi lambung, makan atau minuman yang terasa asam yang dikonsumsi saat berbuka atau sahur akan berpengaruh pada kekeringan di bibir karena asam akan menyerap air. Untuk itu, hindari makan atau minum buah yang asam seperti lemon atau jeruk yang asam.

2. Gunakan Lip Balm yang Mengandung SPF
Minimalkan kegiatan di luar rumah saat bulan puasa agar terhindar dari paparan sinar matahari. Sinar matahari memperparah kekeringan kulit. Untuk itu, ada baiknya menggunakan lip balm yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

"Gunakan Vaseline (petroleum jelly) atau pakai lip balm yang mengandung SPF. Dengan lip balm yang tepat maka kulit bibir bisa kembali normal," saran dermatologi Clay J. Cockerell, MD.

3. Madu
Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dikonsumsi, Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Oleskan madu di bibir menjelang tidur. Saat sahur, minumlah satu sendok makan madu. Selain dapat mencegah bibir kering, madu juga memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.

4. Hindari Terlalu Sering Menjilat Bibir
Bibir yang kering membuat Anda tidak nyaman dan terus ingin menjilatnya. Anda harus mengubah kebiasaan ini. Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering.

Sumber berita Wolipop

0 komentar:

Post a Comment