Sunday, July 20, 2014

INFO: Makan Dark Chocolate Dapat Menurunkan Hipertensi dan Meningkatkan Daya Ingat

INFO: Makan Dark Chocolate Dapat Menurunkan Hipertensi dan Meningkatkan Daya Ingat

wikimedia commons
Bagi Anda pencinta dark chocolate, kini ada kabar gembira terbaru! Jika sebelumnya disebutkan konsumsi asupan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, maka kini sebuah studi terbaru menyebutkan dark chocolate juga bisa memperbaiki fungsi kerja otak dan meningkatkan daya ingat.

"Temuan menunjukkan bahwa asupan tingkat tinggi resveratrol, senyawa yang ditemukan dalam dark chocolate, dapat melindungi fungsi kognitif otak," tulis Veronica Witte, ahli saraf dari Charite-Universitatsmedizin Berlin, Jerman, dalam Journal of Neuroscience dan dikutip pada Senin (21/7/2014).

Dalam penelitian yang melibatkan 46 orang dewasa dengan berat badan berlebih tersebut, responden yang diberi suplemen resveratrol selama 6 bulan memiliki memori jangka pendek yang lebih baik, jika dibandingkan dengan responden yang diberi plasebo.

Selain itu, mereka yang diberi suplemen juga memiliki lebih banyak hubungan atau koneksi antar daerah otak yang terlibat dalam masalah memori.

Ya, mereka dapat mengingat lebih banyak kata-kata yang diberikan peneliti dalam daftar 30 menit sebelumnya, daripada mereka yang 'hanya' mengonsumsi plasebo.

Sebagai informasi, selain terdapat di dalam dark chocolate, resveratrol juga dimiliki oleh anggur, kacang dan blueberry.

"Yang pasti, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi efek kinerja otak terhadap asupan resveratrol lebih rinci," pesan Witte.

Sebelumnya disebutkan hobi makan dark chocolate tak memberikan efek merugikan bagi tekanan darah. Pasalnya, dark chocolate mengandung flavanol yang membuat pembuluh darah elastis. Dark chocolate disebutkan mengandung kakao yang memiliki flavonoid yang berguna untuk mengencerkan darah dan menjaganya dari pembekuan.

Agar tak menimbulkan risiko kenaikan berat badan, sebaiknya konsumsi setengah ons dark chocolate setiap harinya. Jangan lupa pastikan dark chocolate yang Anda konsumsi setidaknya mengandung 70 persen kakao.

Sumber berita DetikHealth


0 komentar:

Post a Comment