Tuesday, July 22, 2014

Menakjubkan, Hafidz Ibrahim Bocah 4 Tahun Hafal 2 Juz Alquran

Menakjubkan, Hafidz Ibrahim Bocah 4 Tahun Hafal 2 Juz Alquran
post2.bbc.web.id
Hafalan Alquran seorang bocah lelaki kecil di atas panggung acara Hafidz Qur'an Trans7 begitu memukau penonton dan juri. Ibrahim, begitu namanya. Meski masih berusia 4 tahun, Ibrahim telah mampu menghafal 2 juz Alquran.

Tingkahnya yang lucu dan tak bisa diam sungguh membuat gemas. Apalagi Ibrahim merupakan peserta terkecil dengan umur termuda. Namun saat menghafal Alquran, ia tampak serius dan menunjukkan kemampuan hafalannya yang menakjubkan.

Siapa sangka, orang tua Ibrahim bahkan sempat tak mengetahui kemampuan anak keduanya ini. Apalagi Ibrahim yang kerap disapa 'Mas Bro' ini termasuk anak yang berkarakter keras dan pemberontak. Sang ayah, Hudallah mengisahkan bahkan anaknya ini selalu menolak jika diminta mengaji oleh orang tuanya.

Dia mengaku sering kewalahan untuk mengarahkan anaknya ini untuk mau mengaji.

"Wataknya Mas Bro itu keras, hobinya pemberontak, berbeda dengan kakaknya yang misalnya di suruh ngaji dia nurut. Nah kalo ini dia susah banget disuruh ngaji," ujar Hudallah saat berbincang dengan detikramadan di sela-sela syuting program Hafidz Qur'an di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin (21/7/2014).

Kemampuan Ibrahim baru diketahui orang tuanya pada saat seorang psikolog yang mengeksplore lewat pertanyaan-pertanyaan tentang Alquran.

Pertemuan Ibrahim dengan psikolog yang sering disapa Ayah Irwan ini terjadi saat dia ikut mengantar sang kakak audisi lomba hafiz. Ayah Irwan kemudian menyapa dan memeluk Ibrahim

 Saat itu juga Ibrahim diberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengeksplore kemampuan dan minat si anak. Namun jawaban-jawaban Ibrahim, seketika membuat kaget sang ayah. Ibrahim menunjukkan kemampuan menghafal Alquran yang baik.

"Pukulan telak buat saya, saya shock ketika tahu anak saya ternyata selama ini bisa hafal satu juz Al-Qur'an, padahal kalu disuruh ngaji saja susah," kata Hudallah.

"Dia nyaman dan saat ditanya banyak pertanyaan, anak saya bisa jawab. Kami nggak tahu kalau selama ini bisa, karena kami bukan tipikal orang tua yang suka maksa. Dan ternyata pertanyaan tersebut mungkin tujuannya mengeksplore anak saya. Namun setelah itu saya jadi tahu anak saya dan saya sadar kalau dia bisa dengan cara dirinya sendiri," cerita Hudallah.

Ibrahim rupanya bisa menghafal Alquran karena mendengar orang tua dan kakaknya yang juga hafiz bertilawah. Hudallah menambahkan melalui program Hafiz Qur'an ini merasa dibukakan matanya akan kemampuan Ibrahim. Hudallah berharap agar anaknya kelak diberi jalan yang terbaik oleh Allah, dan tidak mau memaksakan kehendaknya agar Ibrahim bisa berkembang dengan dirinya sendiri.

"Mudah-mudahan dia dikasih jalan yang terbaik oleh Allah SWT disini, saya tidak mau maksa. Biarlah dia mencari apa yang dia suka dan bahagia. Saya mau dia merasakan hidupnya dan berkembang dengan sendirinya. Saya hanya menjadi guide untuk anak-anak saya," imbuh Hudallah.

Sumber berita DetikRamadan

0 komentar:

Post a Comment