Monday, February 23, 2015

Manfaat ASI Pada Bayi Dibuktikan Sebuah Studi

Manfaat ASI Pada Bayi Dibuktikan Sebuah Studi

rumahsehatterpadu.or.id
Pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada bayi di bulan-bulan pertamanya memberikan manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah memperkuat sistem imun dan mencegahnya dari kondisi seperti alergi dan asma.


Peneliti dari Henry Ford Hospital menyebutkan bahwa asupan nutrisi dari ASI pada bayi dapat membantunya memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

Temuan ini memperkuat teori sebelumnya, di mana disebutkan bahwa pemberian ASI dapat memberikan manfaat yang jauh lebih baik dalam melindungi kesehatan bayi. Hasil studi ini sendiri telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Academy of Allergy, Asthma & Immunology di Houston.

"Paparan mikroorganisme atau bakteri dalam beberapa bulan pertama setelah kelahiran sebenarnya membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Jika Anda meminimalkan eksposur mereka, sistem kekebalan tubuh tidak akan berkembang secara optimal," ujar pemimpin studi tersebut, Dr Christine Cole Johnson, dalam situs resmi Henry Ford Hospital, Senin (23/2/2015).

Untuk membuktikan teori ini, para peneliti melakukan enam penelitian terpisah untuk mengevaluasi apakah ASI memiliki efek pada usus bayi, serta hubungannya dengan risiko alergi dan asma.

"Penelitian ini memberitahu kita bahwa terpapar lebih beragam bakteri dapat meningkatkan perlindungan sistem imun terhadap alergi dan asma," imbuh Johnson.

Studi ini juga telah menunjukkan manfaat pemberian ASI pada kondisi kesehatan bayi. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi, ASI juga mengurangi risiko bayi untuk terkena obesitas, diabetes tipe 2, infeksi telinga, eksim, diare dan muntah.


Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment