Saturday, November 22, 2014

TimNas Senior Indonesia vs TimNas Senior Vietnam, 2-2, Piala AFF Suzuki Cup Vietnam 2014

TimNas Senior Indonesia vs TimNas Senior Vietnam, 2-2, Piala AFF Suzuki Cup Vietnam 2014
youtube.com
Indonesia akhirnya meraih satu poin dalam laga perdana Grup A AFF Suzuki Cup 2014 melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Sabtu (22/11). Dua kali sempat tertinggal, dua kali pula tim merah putih mampu menyamakan kedudukan hingga terciptalah drama yang membuat skor akhir menjadi 2-2.

Seperti diprediksi sebelumnya, laga perdana ini akan berlangsung sangat menyulitkan bagi Indonesia. Dan,  Vietnam pun langsung bermain agresif sejak kickoff.

Belum sepuluh menit babak pertama berjalan, gawang Indonesia sudah ternacam oleh Vietnam. Beruntung, Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang, dengan mementahkan tendangan keras dari jarak dekat yang dilepaskan Nguyen Hai Anh.

Namun, tekanan bertubi-tubi dari tuan rumah berbuah hasil pada menit ke-11. Berawal dari tendangan penjuru, Sergio van Dijk coba menghalau bola, namun bola justru jatuh ke kaki pemain Vietnam, Que Ngoc Hai, yang langsung menendang bola ke pojok kanan gawang, tanpa bisa dihentikan kiper dan pemain belakang Indonesia. Gol ini tercipta di menit ke-11.

Unggul satu gol, Vietnam semakin bermain kesetanan. Determinasi tinggi diperlihatkan tuan rumah. Mengandalkan permainan cepat satu-dua dan bola-bola crossing, kerap kali merepotkan M Robby dkk.

Sebaliknya,  para pemain Indonesia seperti sulit keluar dari tekanan, sehingga sering melakukan kesalahan umpan, dan terlalu cepat hilang bola.

Namun, satu kesempatan berhasil dimaksimalkan oleh Indonesia. Pada menit 32, umpan lambung Ridwan coba disundul pemain Vietnam, Ngoc Hoang Thinh, namun sundulannya tidak sempurna. Bola meluncur ke arah Zulham Zamrun yang berlari dari belakang. Dengan cepat Zulham memasuki kotak penalti dan melepaskan tendangan menyilang datar yang berhasil melewati hadangan kiper Tran Nguyen Manh.  Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Vietnam kembali langsung menggebrak. Pada menit ke-67 , Vietnam mencetak gol keduanya. Dari sayap kiri, Nguyen van Quyet berduel dengan Zulkifli Sukur. Bola berhasil disundul pendek oleh Zulkifli, tapi malah jatuh ke dekat Le Cong Vinh. Tanpa pengawalan, Cong Vinh melepaskan tembakan keras kaki kanan yang sangat terarah.

Drama pun  tercipta di sepuluh menit akhir. Berawal dari kesalahan pemain Vietnam, bola jatuh ke arah Samsul. Dengan cepat Samsul menguasai bola, menggiringnya, lalu melepaskan tendangan kea rah kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh. Namun, ia membuat blunder karena bola sepakan Samsul yang diantisipasinya malah meluncur di sela kakinya.Skor kembali berimbang 2-2, dan bertahan sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

“Ya, kita akui Vietnam punya permainan yang bagus dengan bakat di atas kita. Mereka juga terlihat bergitu termotivasi di laga ini. Tapi, kita akhirnya meraih satu poin, dan mampu menjalankan taktik Alfred Riedl dengan baik,” kata Syamsul Arif, usai pertandingan.

Hasil ini membuat Indonesia dan Vietnam gagal melewati Filipina yang kini berada di puncak klasemen Grup A, setelah mengalahkan Laos 4-1 di laga perdana, sore tadi.
 Informasi tentang Piala AFF 2014 klik ini.
sumber;pssi.org

0 komentar:

Post a Comment