Sunday, November 16, 2014

Beberapa Penyebab Timbulnya Bau Tidak Sedap pada AC Mobil

Air Conditioner (AC) pastinya salah satu komponen penting di kendaraan untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. AC juga berfungsi untuk mengatur suhu udara, sirkulasi, tingkat kelembapan dan kebersihan udara. Namun kadang sering ditemukan AC kendaraan menimbulkan bau, yang tentu saja membuat kenyamanan berkurang.

Ada beberapa penyebab kabin menjadi berbau saat AC dinyalakan. Salah satunya pemakaian pengharum mobil yang memiliki bahan berkualitas rendah. Bahan tersebut cenderung sulit dibersihkan bila menempel dalam evaporator.

Debu dan kotoran di dalam kabin juga bisa menyebabkan AC berbau saat dinyalakan. Jika Anda termasuk yang sering membuka jendela ataupun masuk ke dalam kendaraan tanpa membersihkan alas kaki yang kotor, dapat menyebabkan kabin dan karpet kotor sehingga debu menempel dalam evaporator. Hal ini mengakibatkan tumbuh jamur yang menimbulkan bau tak sedap.

Asap Rokok juga salah satu hal yang sering membuat AC mobil berbau. Nikotin dalam asap rokok bersifat lengket dan berlendir bila menempel pada evaporator.

Untuk merawat agar AC tidak berbau dan tidak merusak kenyamanan di dalam kabin mobil, karpet mobil rutin dibersihkan dan menutup rapat pintu dan jendela bila AC dinyalakan. Penggunaan pengharum mobil dengan kualitas baik juga sangat disarankan. Untuk kenyamanan dan kebersihan udara di dalam kabin mobil, sebaiknya jangan merokok di dalam mobil saat AC dinyalakan

Sumber berita Berita Satu

0 komentar:

Post a Comment