Wednesday, November 26, 2014

Kalah 0-4, Timnas Indonesia vs Timnas Filipina, Piala AFF Suzuki Cup Vietnam 2014

 Kalah 0-4, Timnas Indonesia vs Timnas Filipina, Piala AFF Suzuki Cup Vietnam 2014
youtube.com
Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pahit setelah dicukur Filipina dengan skor 4-0 di laga kedua Grup A AFF Suzuki Cup 2014 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (25/11).

Di awal pertandingan, Indonesia mencoba bermain sabar. Namun, Azkals pun memberi perlawanan sengit, bahkan tekanan-tekanan mereka tampak lebih berbahaya.

pssi.org
Indonesia sebenarnya beberapa kali membahayakan gawang lawan, namun serangan balik cepat dari Azkals sangat membahayakan. Terbukti, pada menit 15, pemain Tim Garuda dipaksa melakukan blunder, yang berujung gol bagi Filipina.

Berawal dari serangan cepat Filipina, Muhammad Roby, yang bermaksud melakukan backpass ke Kurnia Meiga, namun bolanya terlalu pelan dan langsung diserobot pemain lawan. Firman Utina pun terpaksa melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Penyerang sekaligus kapten Filipina, Phil Younghusband maju sebagai eksekutor, dan menuntaskan tugasnya dengan baik. Bola tak mampu dijangkau Meiga, dan membuat kedudukan berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya, Indonesia masih kesulitan menemukan bentuk permainan terbaik. Namun, jelang berakhinya babak pertama, Indonesia nyaris menyamakan kedudukan, dari tendangan bebas, meski tetap gagal. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0.

Memasuki paruh kedua, Indonesia langsung mencecar Filipina. Tak ayal, pertahanan Filipina sempat dibuat kerpotan. Tapi, tak bertahan lama sebab memasuki menit ke-52 Filipina sukses memperlebar kedudukan lewat gol yang diciptakan Manuel Ott.

Pemain bernomor punggung 8 itu menerima umpan pendek dari Misagh Bahadoran di tengah luar kotak penalti. Dari jarak jauh Ott lantas melepas tembakan keras menggunakan kaki kanan yang membuat bola meluncur deras ke sudut kiri gawang Kurnia Meiga.

Bukan bermain semakin konsisten menyerang, ritme permainan skuat Garuda cenderung menurun. Hingga pada menit ke-68, Filipina kembali memperlebar jarak lewat gol Martin Steuble. Proses gol terjadi setelah pasukan Garuda tengah sibuk memprotes pemberian tendangan bebas tersebut.Mendengar wasit telah meniupkan peluit eksekusi, Philip Younghusband langsung memberikan umpan pendek kepada Steuble dan langsung disambar dengan sepakan akurat.

Kebobolan tiga gol, Indonesia tampak semakin main ogah-ogahan. Memaksimalkan kelonggaran pertahanan, Filipina dengan mudah menciptakan gol keempat yang dicetak Rob Gier pada menit ke-79. Pemain bek pengganti itu menerima umpan lambung dari sisi kanan lapangan. Berdiri tanpa kawalan, Gier dengan mudah menyundul bola tapi masih membentur mistar gawang.

Hasil pantulan bola kemudian kembali mengarah kepada Gier, tak piker panjang ia dengan cepat mencocor bola menggunakan kaki kanan dan membuat Filipina unggul 4-0 atas Indonesia.

Usai pertandingan, kapten timnas Indonesia, Firman Utina mengakui penampilan timnas jauh dari harapan.  "Dengan hasil ini, kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Ini lebih ke permainan yang sangat buruk," kata Firman Utina.

"Kita tetap fight di laga berikut, kita lihat aja nanti. Memang banyak yang harus dibenahi, hanya saja, saya lebih melihat ke persiapan yang tidak panjang. Usai kompetisi dan langsung ke AFF, kita sudah berusaha maksimal," imbuh Firman.

Hasil ini membuat Filipina kokoh di puncak klasemen grup A. Tak hanya itu, Filipina juga berhasil mencatat kemenangan pertama dari 21 kali pertemuan terakhir dengan Indonesia yang selalu kalah dan 3 kali imbang.
Informasi tentang Piala AFF 2014 klik ini.
sumber;pssi.org

0 komentar:

Post a Comment