Monday, December 29, 2014

Nasehat Pakar Kesehatan Jika Pesawat Naik dan Turun, Tiba-Tiba

Apa Kata Pakar Kesehatan Jika Pesawat Naik dan Turun, Tiba-Tiba
teknologi.inilah.com
Umumnya pesawat udara akan terbang secara stabil. Namun dalam kondisi tententu, penerbangan terasa tidak mulus, mirip mobil yang melaju di jalanan berlubang. Jika demi menghindari awan cumulonimbus pesawat mendadak naik ataupun turun, bagaimana situasi di dalam pesawat?
"Tidak ada gangguan sesuatu yang signifikan pada manusia kalau naik, tapi kalau pesawatnya turun bisa mengganggu," ujar Letkol Kes dr Wawan Mulyawan, SpBS, pakar kesehatan penerbangan, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Senin (29/12/2014).
Menurut dr Wawan, jika pesawat naiknya tidak mendadak, maka penumpang yang berada di dalam pesawat tidak akan merasakan apa-apa. Mereka bahkan tidak menyadari bahwa posisi pesawat sudah lebih tinggi. Apalagi pesawat sudah dilengkapi teknologi yang membuat penumpang seolah-olah berada di atas tanah.
"Meskipun tidak seperti 0 kaki (daratan), pada pesawat komersil zaman sekarang telah diatur di dalam pesawat penumpang hanya akan merasakan ketinggian 5.000 sampai 8.000 kaki dan penumpang relatif nyaman," lanjut dr Wawan.
Sementara jika badan pesawat ada yang terbuka, bocor, atau pintu pesawat lepas maka otomatis tekanan udara di dalam pesawat dengan yang ada di luar akan sama. Akibatnya penumpang akan mengalami kesulitan bernapas. Sulit bernapas yang pada akhirnya menyebabkan pasokan oksigen di otak berkurang menyebabkan seseorang akan pingsan.
Sebaliknya kalau menukik turun dari ketinggian 8.000 kaki hingga 0 kaki, maka pada ketinggian 7.000 kaki sudah bisa dirasakan penurunannya. "Terkadang penumpang akan merasakan kuping yang sakit akibat perbedaan tekanan udara yang ada di dalam kuping dengan di luar, ngilu di gigi pada gigi yang bolong atau gigi yang pernah ditambal dan ada bolongan yang terbuka. Pada gangguan perut, lambungnya merasakan kembung dan begah," jelas dr Wawan.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment