Monday, December 22, 2014

Ektrak Cacing Benarkah Bisa Mengobati Penyakit

Ektrak Cacing Benarkah Bisa Mengobati Penyakit
galleryhip.com
Di jejaring sosial banyak ditawarkan obat berisi ekstrak cacing yang konon mujarab menyembuhkan segala macam penyakit kronis. Menurut ahli parasitologi, memang ada penelitian tentang manfaat cacing tetapi bukan yang seperti itu.
"Bukan cacingnya kok, tapi molekulnya," kata Prof Dr Taniawati Supali dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ditemui usai dikukuhkan sebagai guru besar di kampusnya, seperti ditulis Minggu (21/12/2014).
Terlebih, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk menemukan obat dari molekul cacing yang bisa menyembuhkan penyakit kronis. Namun diakui, para ahli saat ini memang sudah mulai memikirkan penggunaan cacing parasit sebagai metode terapi.
Dilaporkan, pemberian cacing Trichuris suis (T. suis) yang merupakan parasit pada hewan bisa memberikan perbaikan pada Chron's Disease. Namun di sisi lain, pemberian cacing tersebut juga menyebabkan infeksi paten dengan ditemukannya cacing dewasa di saluran pencernaan.
Fakta lain, sebagaimana terungkap dalam penelitian Prof Taniawati di Nusa Tenggara Timur adalah bahwa infeksi cacing usus berhubungan dengan resistensi insulin. Kasus diabetes pada orang-orang yang terinfeksi cacing usus teramati lebih rendah dibandingkan yang tidak terinfeksi.
Dijelaskan oleh Prof Taniawati, adanya infeksi cacing parasit memang mampu menekan respons inflamasi atau radang yang berlebihan. Karenanya, dalam penelitian tersebut infeksi cacing parasit bisa menekan alergi, asma, dan bahkan sindrom metabolis serta diabetes tipe 2.
Namun demikian, ditegaskan hingga saat ini belum ada obat yang terbuat dari cacing untuk penyakit-penyakit tersebut. "Kan ada tuh, katanya sakit hepatitis atau typus terus diobati cacing biar sembuh. Tapi enggak, bukan seperti itu," tandas Prof Taniawati.

Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment