Sunday, October 12, 2014

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Australia U-19, 0-1 ; Piala Asia U-19, Myanmar 2014

Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Australia U-19,  0-1 ; Piala Asia U-19, Myanmar 2014 

youtube.com; rcti.tv
Timnas Indonesia U-19 akhirnya harus tersingkir dari AFC U-19 Championship 2014, setelah kalah 0-1 dari Australia pada laga kedua Grup B di di Stadion Thuwanna YTC, Minggu (12/10). Gol tunggal kemenangan Australia dicetak oleh Jaushua Sotiro pada menit 66.

Di awal laga kedua saling menyerang.  Indonesia lebih apik dalam melakukan umpan-umpan pendek, namun kerap buntu saat memasuki pertahanan lawan.

Selanjutnya, serangan-serangan Australia lebih berbahaya, meskipun Ravi Murdianto kerap mampu mementahkannya. Indonesia sendiri bukannya tanpa peluang, di mana Ilham Udin beberapa kali melakukan tusukan. Namun, skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Indonesia berusaha tampil lebih agresif untuk mencetak gol dengan memasukkan Muhammad Dimas Drajad menggantikan Dinan Yahdian Javier.

Awalnya pergantian itu bekerja baik, Garuda Muda mulai mendapatkan kesempatan. Pada menit ke-51, Evan Dimas sukses menggiring bola di dalam kotak penalti tapi operan datar melintasi gawang Australia tidak dapat disambut dan akhirnya sukses dibuang lini belakang negara Kangguru itu.

Kans tersebut menaikkan semangat Indonesia dan Australia terpaksa dibuat bertahan, untuk beberapa menit. Setelah tekanan mereda giliran anak-anak asuhan Paul Okon membuat kesempatan.

Di menit ke-54 Brandon Borello menyambut umpan terobos dan melakukan tembakan dari dalam kotak penalti tapi Ravi Murdianto sukses menghalau kesempatan tersebut.

Perlahan Australia semakin dominan menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali umpan satu-dua dilakukan di depan empat bek Indonesia dengan mudah.

Puncaknya terjadi di menit ke-66. Kesalahan koordinasi antara Hansamu Yama Pranata dana Putu Gede Antara membuat Jaushua Sotirio mendapatkan bola tanpa penjagaan di kotak penalti Indonesia dan menaklukkan Ravi dengan tanpa perlu mengontrol bola.

Tertinggal 0-1 Indonesia tidak bisa keluar dari tekanan Australia. Sering kali Evan Dimas dkk. kesulitan menutup pergerakan lawan mereka dan salah melakukan operan.

Dan hingga laga usai skor 1-0 tetap untuk kemenangan tim Australia.

Usai laga kapten Evan Dimas meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas kegagalan kali ini.

"Beginilah sepakbola, kadang senang, kadang sedih. Yang jelas, kami mengucapkan beribu maaf karena tidak dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa," kata Evan Dimas usai laga.

Mengenai kurang maksimalnya permainan Timnas U-19 saat bersua Australia, Evan Dimas menilai semua karena faktor mental. "Kami terlihat gugup dan tertekan. Terutama setelah kami kebobolan," ujar Evan Dimas.

Dengan hasil tersebut, Indonesia belum meraih satu pun poin dan terbenam di dasar klasemen Grup B. Dengan demikian, Indonesia dipastikan tersingkir dari ajang Piala Asia U-19 2014. Adapun Australia kini menduduki posisi 2 dengan koleksi 4 poin.
Untuk informasi Timnas U-19 lainnya Klik Ini. 
sumber;pssi.org

0 komentar:

Post a Comment