Monday, April 13, 2015

Posisi Tidur yang Salah Dapat Menyebabkan Masalah pada Leher dan Punggung

 Posisi Tidur yang Salah Dapat Menyebabkan Masalah pada Leher danPunggung
 

kawankumagz.com

Saat kelelahan, orang-orang biasanya akan langsung tidur tanpa memerhatikan apakah posisi tidurnya sudah tepat. Mungkin nyaman pada awalnya, tapi tidur di posisi yang salah sepanjang malam bisa menimbulkan nyeri punggung dan leher lho.

"Orang sering mengeluh bahwa mereka mengalami kekakuan dan nyeri pada leher atau punggung ketika mereka bangun di pagi hari. Hal ini disebabkan karena mereka tidur di postur yang salah pada malam harinya," ujar Dr Sudeep Jain, dari Spine Solutions India.

Menurut Jain, kebanyakan orang lebih memedulikan postur tubuh yang benar saat sedang berdiri dan duduk, namun justru lengah terhadap posisi yang tepat saat tidur.

Salah satu posisi tidur yang sering salah dan menimbulkan nyeri punggung adalah tengkurap. Meskipun posisi ini banyak disukai, namun jika sembarangan dapat benar-benar berbahaya bagi tulang belakang, termasuk nyeri.

Tidur tengkurap mengarahkan sebagian besar berat tubuh ke bagian tengah tubuh. Akibatnya, tubuh tidak mampu untuk mempertahankan kurva alami dari tulang belakang dan melakukannya sepanjang malam dapat menimbulkan ketegangan pada tulang punggung dan otot punggung.

Saat tidur dalam posisi ini, orang juga cenderung memiringkan kepala mereka pada satu arah. Hal ini jika dilakukan terlalu lama juga menempatkan banyak tekanan pada leher, sehingga bisa terjadi kekakuan dan nyeri di bagian tersebut.

"Postur tidur yang salah dapat menyebabkan masalah pada punggung. Padahal tulang belakang terdiri dari berbagai saraf yang mengarah ke berbagai bagian tubuh. Stres pada tulang belakang juga memengaruhi saraf dan dapat menyebabkan berbagai masalah di bagian lain dari tubuh juga. Misalnya kesemutan atau mati rasa," tutur Jain, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Senin (13/4/2015).

Ia menambahkan, posisi terbaik untuk tidur adalah telentang dengan kedua lengan di sisi samping Anda. Postur ini mempertahankan keselarasan tulang belakang dengan sempurna. Namun, Anda harus menghindari penggunaan bantal yang sangat tebal. Dalam posisi tidur seperti ini, kurva alami dari tulang belakang dipertahankan.


Sumber berita DetikHealth

0 komentar:

Post a Comment