Wednesday, April 15, 2015

Cara Mudah Mengetahui Keaslian Mutiara Lombok

Cara Mudah Mengetahui Keaslian Mutiara Lombok
 

mutiaralombok.asia

Mutiara menjadi salah satu suvenir khas Lombok, NTB yang diburu wisatawan. Nah, sebelum berangkat ke toko, simak dulu cara mudah berikut ini untuk mengetahui keaslian mutiara Lombok.

Mutiara Lombok biasanya dirangkai dengan menjadi aneka perhiasan yang cantik, ada pula yang dijual per kilogram dalam bentuk butiran saja. Mutiara ini ada sekitar 2 jenis, yaitu mutiara air laut dan air tawar. Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah mutiara tersebut asli atau palsu.

"Dibakar, kalau asli kan dia tidak meleleh," ujar Haeruji, seorang pemilik kios mutiara di Pasar Seni Senggigi kepada detikTravel di Lombok Barat, NTB, Minggu (12/4/2015) kemarin.

Haeruji memperagakan cara membakar salah satu mutiara yang telah menempel di cincin. Ia meraih cincin tersebut dan membakar mutiara yang menempel dalam waktu beberapa detik.

Pria ini kemudian menunjukkan bahwa mutiara tersebut tidak berubah bentuknya sedikit pun dan bisa dikategorikan sebagai asli. Selain dibakar ada lagi cara lainnya, yaitu dengan menggigit mutiara.

"Digigit kadang-kadang, dia harus 'ngeret'," kata pria yang sudah berjualan mutiara sejak tahun 1990-an ini.

Dia menjelaskan bahwa kalau asli, baik itu mutiara air laut atau air tawar akan mengeluarkan seperti berderit halus. Permukaan mutiara tersebut juga tidak terasa licin dan tak mudah tergores.

Untuk harga jualnya, mutiara air laut memang lebih mahal daripada mutiara air tawar. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah hingga jutaan. Sedangkan mutiara air tawar harganya lebih murah.

Perhiasan dari mutiara air tawar bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Misalnya, sebuah cincin dijual dengan harga Rp 40 ribu. Tetapi, jika ada penjual yang berani memberikan harga sangat murah, Anda patut waspada karena bisa jadi yang dijual adalah mutiara palsu.


Sumber berita DetikTravel

0 komentar:

Post a Comment